Agenda Info

Pendampingan Program IBT oleh KEMENRISTEK

25 Oktober 2017
post image

Jum'at, 15 September 2017. Amikom Business Park mendapat kunjungan dari Kemenristek dalam rangka pendampingan Tenant Program IBT oleh Kemenristek. pendampingan ini bertujuan untuk mengontrol sudah sejauh mana progress Action Plan oleh tenant IBT dan Action Plan Inkubator.

Tahun 2017 Amikom Business Park berhasil meloloskan 10 Produk inovasi, diantaranya adalah 5 Produk Program PPBT-PT (Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Perguruan Tinggi) dan 5 Produk Program IBT (Inkubasi Bisnis Teknologi). yang kemudian telah mengikuti Pameran I3E (Inovator Inovasi Indonesia Expo) di Surabaya.

Dalam Kunjungan Pendampingan Program IBT oleh Kemenristek. Kelima produk IBT tersebut adalah :

1. B-SMART

B-SMART adalah personal mobile application yang dapat digunakan tanpa perlu kemampuan melihat karena didukung teknologi Virtual Braille Keyboard, sehingga dapat digunakan oleh tunanetra untuk memenuhi kebutuhan di bidang komunikasi, pendidikan, dan kebutuhan sehari hari.

B-SMART dihadirkan dalam 3 sub aplikasi yaitu :
1. B-TOUCH untuk memenuhi kebutuhan komunikasi
2. B-TOOLS untuk memenuhi kebutuhan sehari hari
3. B-SCHOOL untuk memenuhi kebutuhan pendidikan

2. BEDA

BEDA (dengerin.id) adalah platform belajar dan kelas digital berbasis audio dan video yang praktis, menyenangkan, bisa digunakan kapan dan dimana saja. Materi pelajaran yang ada di dengerin dikemas dengan bahasa yang kekinian dan fresh. BEDA (dengerin.id) hadir sebagai solusi kesenjangan pendidikan dan pengelolaan kelas digital sehingga pendidikan di Indonesia akan semakin berkualitas dan merata

3. DETRON

DTRON Smart Chair merupakan sistem kontrol kursi roda otomatis yang dapat digerakkan menggunakan koordinat mata, kontrol suara berbasis Smartphone Android dan kontrol navigasi manual menggunakan tombol. DTRON Smart Chair juga dilengkapi sensor ultrasonic sebagai pengaman jarak saat ada halangan di depan. Sistem navigasi kursi roda ini didesain dengan dengan menggunakan pengolahan citra yang berbasis raspberry serta aplikasi Android memanfaatkan Bluetooth agar lebih efisien.

4. LONDREE

Londree merupakan sebuah aplikasi berbasis android untuk membantu mengelola usaha laundry. Dengan aplikasi ini pemilik usaha laundry akan menjadi lebih mudah dalam melakukan pembukuan transaksi hingga melihat laporan laba rugi diakhir bulan. Londree juga dilengkapi dengan sistem multi outlet, dengan fitur ini pengguna yang memiliki beberapa outlet dapat mengetahui perkembangan transaksi laporan laba-rugi secara real time.

5. UAVAEROSKY

UAV 2200 Solar System (UAV 2200 SS) adalah sebuah pesawat terbang tanpa awak berjenis fixedwing dengan lebar sayap 2200 mm yang dapat digunakan untuk pembuatan citra udara (Aerial Mapping). UAV 2200 SS mampu terbang secara autonomous berdasarkan misi yang telah ditentukan. Untuk menambah durasi terbang UAV 2200 SS telah dilengkapi dengan element solar cell pada bagian sayap pesawat, ketika tanpa solar cell UAV 2200 SS mampu terbang selama 1 jam 15 menit dengan menggunakan baterai 4s 5200 mah. UAV 2200 SS mampu take off dan landing dengan mudah pada lapangan bola.

Material composite diaplikasikan pada UAV 2200 SS untuk menambahkan kekuatan struktural. Bagian kendali UAV 2200 SS telah dilengkapi dengan sebuah telemetry yang memiliki Jangkauan up to 40 km . Kamera yang digunakan untuk pengambilan citra udara adalah Sony A5000 dengan resolusi 20.1MP. Untuk mempermudah mobilitas maka UAV 2200 SS dapat dipisahkan menjadi beberapa bagian. Ketika akan digunakan proses instalasinya dibuat semudah dan secepat mungkin (Plug and Play) kurang dari 5 menit.